PENAMPILAN SEORANG PRAMUWISATA

Pramuwisata adalah orang yang memimpin dan berfungsi memberi bimbingan, penjelasan, dan petunjuk tentang objek wisata serta membantu segala sesuatu yang dilakukan wisatawan dari persiapan sampai pada akhir suatu kegiatan wisata.
Usahakan pada pertemuan pertama anda dapat menanamkan kepercayaan (trusty), mampu memberikan kesan yang positif, dan raihlah simpati mereka. Kesan pertama ini sangat penting karna merupakan pintu masuk untuk membina hubungan dengan relasi bisnis (customer relation) dengan baik. Beberapa etiket berpenampilan seorang pramuwisata :
• Pastikan bahwa anda berdandan rapi, bersih, serasi, berasesoris yang cocok dengan situasi dan kondisi yang ada.
• Pastikan, seorang pramuwisata berpikir positif terhadap wisatawan.
• Panggillah nama wisatawan dengan bersahabat.
• Tidak melakukan gerakan yang tidak perlu (garuk kepala, main-main kuku dan lain-lain).
• Dengarkan dan tangkaplah tanda-tanda verbal non-verbal wisatawan.
• Selalu menyapa wisatawan dengan ringan dan santai.
• Senyumlah dengan tulus.
• Memelihara lingkungan kerja agar selalu bersih dan rapi.
• Tampilkan diri dengan penuh percaya diri.
• Jangan gegabah dalam mengambil sebuah kesimpulan.
• Selalu menjaga sikap tubuh dan ekspresi wajah.
• Perlakukan teman kerja dengan sopan dan saling menghargai.

DAFTAR PUSTAKA :
Panduan Praktis Pramuwisata Profesional, Kesrul M., Graha Ilmu.
0 Responses

Posting Komentar