Apakah Perbedaan Dari Pemasaran, Promosi dan Penjualan.

Pembeda yang paling terlihat dari tiga kegiatan yakni pemasaran, promosi, dan penjualan adalah dalam proses kegiatannya.
Dalam proses pemasaran terdapat ilmu dan seni dalam menciptakan dan menyampaikan nilai-nilai untuk memuaskan kebutuhan pasar yang dituju (target market) untuk mendapatkan laba / profit. Dalam pemasaran mencari tahu semua kebutuhan dan keinginan pasar yang belum terpenuhi. Dengan pemasaran dapat diketahui segmen pasar yang perlu dilayani. Dalam proses ini produk, baik barang atau jasa masih belum ada / berwujud, karna dalam proses inilah tahap pembentukan awal tentang produk apa yang akan dipasarkan. Pemasaran lebih menekankan pada idealisme, bagaimana membuat pelanggan / customer menjadi puas.
Dalam proses promosi lebih menekankan kepada bagaimana cara mengkomunikasikan suatu produk kepada pelanggan / customer untuk membentuk suatu citra positif dimata para customer. Dalam proses promosi, produk yang akan dipromosikan telah ada, sehinga customer dapat mengetahui klasifikasi dari produk yang dipromosikan tersebut.
Dalam proses penjualan lebih menitik beratkan pada bagaimana cara menjual produk mencapai target yang ditentukan. Dalam proses penjualan ini produk yang akan dijual telah ada, sehingga sebagai seorang sales hanya tinggal menjual produk tersebut kepada para pelanggan / customer.
1 Response
  1. Unknown Says:

    salam kenal, terima kasih pesan singkatnya, mudah-mudahan kedepan dilengkapi dengan strategi dari masing-masing kegiatan tersebut.

    semoga sukses


Posting Komentar